Anak Jalanan “Dinamika Komunikasi dan Perilaku Sosial Anak Menyimpang”

10 06 2012

Penulis: Dr. Atwar Bajari
Pengantar:

Prof. H. deddy Mulyana, MA., Ph.D. (Guru Besar Ilmu Komunikasi Unpad)

Dr., Drg. Nina Justiana (Ketua PSW Unpad)

Penerbit: Humaniora
Bandung Mei 2012

Dalam keunikannya, seorang anak jalanan memiliki persepsi yang berbeda dengan persepsi anak normal mengenai hubungan dengan orang dewasa, tanggung jawab terhadap keluarga dan saudaranya, hubungan dengan lawan jenis, uang, dan kepercayaan pada agama.
Anak jalanan telah memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap keluarga. Makna keluarga bagi mereka adalah sekelompok orang di mana dia harus ikut ambil bagian dalam menjaga keberlangsungan hidup mereka. Makna konstribusi terhadap keluarga bagi anak jalanan adalah seberapa besar uang yang harus disetorkan kepada orang tuanya dalam rangka membantu kehidupan keluarganya. Di samping itu, mereka sudah memiliki tanggung jawab terhadap dirinya sendiri, misalnya membayar uang sekolah dengan biaya yang didapatkan dari hasil keringat mereka.
Perbedaan kondisi dan keadaan tersebut, mengakibatkan anak jalanan memiliki cara pandang yang berbeda dibandingkan dengan anak yang hidup dalam lingkungan standar pada umumnya dalam melihat lingkungan sekitar. Misalnya mereka beranggapan bahwa lingkungan itu lebih keras, berat, dan pengaturannya sangat tergantung dari diri mereka sendiri. Jika mereka berusaha dengan keras, mereka akan mendapatkan apa yang mereka inginkan.
Lingkungan merupakan salah satu konstruk budaya dalam pembentukan makna anak jalanan. Lingkungan kumuh, ketiadaan bimbingan orangtua, dan tindakan kasar, cenderung membentuk watak yang pasif, inferior, tercekam stigma mentalitas rendah diri, pasif, agresif, eksploitatif, dan mudah protes atau marah. Dalam kondisi demikian, tata nilai yang ditanamkan akan sulit karena oto-aktivitas, rasa percaya diri, pengandalan diri sendiri hampir punah, hingga timbul mental ”primitif” dan ”sindrom kemiskinan” .
Dalam keadaan seperti itu, tidak berlebihan jika anak jalanan selalu berada dalam situasi rentan dalam segi perkembangan fisik, mental, sosial bahkan nyawa mereka. Melalui sitmulasi tindakan kekerasan yang terus menerus, akan membentuk sebuah nilai-nilai baru dalam perilaku yang cenderung mengedepankan kekerasan sebagai cara untuk mempertahankan hidup. Ketika memasuki usia dewasa, kemungkinan mereka akan menjadi salah satu pelaku kekerasan dan eksplotasi terhadap anak-anak jalanan lainnya.

Buku ini memaparkan peta kondisi anak jalanan berdasarkan teropong riset kualitatif fenomenologi. Garis besar pembahasan pada sudut pandang atau perspektif komunikasi secara mikro. Walaupun  pendekatan sosiologis turut mewarnai kajian yang dilakukan.

 


Actions

Information

24 responses

17 06 2012
Giandi

pak, kalau saya mau pesan buku ini kemana ya pak? saya sudah coba cari di gramedia, togamas, rumah buku tidak ada pak.
apa bisa pesan langsung di kampus fikom jatinangor?

26 07 2012
Yuniarti

yap saya juga mencari buku ini sebagai refrensi penelitian skripsi saya, mohon infonya lebih lanjut !

4 08 2012
atwarbajari

Kirim alamat post ke saya, nanti saya kirim

24 11 2012
agnia

kirimnya lewat email bp? saya minta emailnya, karena buku itu berkaitan denagn penelitian saya! d tunggu konfirmasinya! mksh

10 05 2013
Hilman

Pak mau tanya buat dapatkan buku ini gimana caranyanya pak. . ????
Mohon bantuannya untuk reverensi skripsi saya. .

17 05 2013
Hilman

Maaf saya mau tau infonyaa untuk bisa mendapatkan buku ini. . Mohon bantuannyaa

28 07 2013
litci (@litci_stp)

pak saya butuh buku bapak, saya pesan satu ya pak, tq…

28 07 2013
litci (@litci_stp)

saya alamatnya di uny (universitas negeri yogyakarta) pak, tq…

4 11 2012
wuri anggarini

pak, saya ingin pesan buku ini bagaimana caranya ya? saya mahasiswa komunikasi brawijaya dan berdomisili di malang. saya memerlukan buku ini untuk referensi penelitian saya. terima kasih pak..

12 11 2012
socam.blogspot.com

pak saya juga ingin bukunya,prosedurnya gmna nya pak, apa bayar dlo,apa memank gratis dari paknya😀
ntr mgkn bisa dibalas lewat email ya pak, matur nuwun pak atwa

18 12 2012
maryam

saya membutuhkan buku ini sebagai bagian dari referensi skripsi saya, dimanakah saya harus memesan????

21 01 2013
Sayid Mahatir

saya pesan 1. caranya gimana y?

28 02 2013
denie

semua informasi sangat bermanfaat, terimkasih atas info article mas sangat bermanfaat saya senang sekali berkunjung kesini, terimaksih, saya akan coba kunjungui terus ini

15 04 2013
mona

pak. saya mau pesan buku ini. gimana caranya? sangat butuh T.T

6 05 2013
wuri anggarini

MAAF PAk SAYA MEMBUTUHKAN BUKU INI,KIRA2 DIMANA SAYA BISA MEMPEROLEHNYA? TERIMA KASIH

9 05 2013
hilman

Buat dapetin buku ini gimana caranya yaa. ? Mohon bantuannya

14 07 2013
Vyndo Dollin (@vyndodollin)

halo pak, saya mau pesan buku bapak, bagaimana caranya ya pak? saya butuh buku ini banged buat jadi sumber referensi skripsi saya, sudah dicari ke semua toko buku yang ada di Padang tapi ga ketemu pak, mohon infonya ke email saya ya pak vdollin@yahoo.com , terimakasi pak

23 07 2013
nopi

pak bagaimana caranya memperoleh buku bapak terkait anak jalanan, soalnya saya mencari-cari tidak ada. mau saya gunakan untuk referensi penulisan penelitian saya, mohon informasinya pak. terima kasih…

4 09 2013
Patricia

Pak saya butuh sekali buku ini untuk skripsi saya, dimana bs beli buku ini?

19 10 2013
Fandi Clalu Cyng

saya pesan satu pak
replay

27 11 2013
Ade Hendra Sentosa

buku yang bagus🙂
tolong visit blog saya ya, di http://www.adhendrasentosa.student.ipb.ac.id

14 01 2014
Tejo Nuswantoro

asalamualaikum pa
saya berminat untuk pesan juga, mohon arahannya
trimakasih

8 09 2015
Rahmia Khoerunnisa

Assalamualaikum. Kira-kira buku ini bisa dibeli dimana ya? Terimakasih:)

11 02 2016
Bella

Bagaimana saya bs mendapatkan buku ini? terima kasih.

Leave a Reply

