Mengolah Data dalam Penelitian Kualitatif

18 04 2009

Data dalam penelitian kualitatif berbeda dengan penelitian kuantitatif. Teks, picture, simbol, penangkapan observer adalah sekumpulan data yang harus diolah. Bahkan menurut saya mengolah bukan tindakan atau perilaku baku sebagaimana halnya langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian kuantitatif. Hakekatnya dalam penelitian kualitatif, mengolah data adalah memberi kategori, mensistematisir, dan bahkan memproduksi makna oleh si “peneliti” atas apa yang menjadi pusat perhatiannya.

Mile dan Huberman seperti yang dikutip oleh Salim (2006: 20-24), menyebutkan ada tiga langkah pengolahan data kualitatif, yakni reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing and verification). Dalam pelaksanaannya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi, merupakan sebuah langkah yang sangat luwes, dalam arti tidak terikat oleh batasan kronologis. Secara keseluruhan langkah-langkah tersebut saling berhubungan selama dan sesudah pengumpulan data, sehingga model dari Miles dan Huberman disebut juga sebagai Model Interaktif.

Berdasarkan pada penjelasan yang telah dikembangkan oleh Agus Salim (2006: 22-23), dapat dijelaskan secara ringkas sebagai berikut:
1. Reduksi data (data reduction), dalam tahap ini peneliti melakukan pemilihan, dan pemusatan perhatian untuk penyederhanaan, abstraksi, dan transformasi data kasar yang diperoleh.
2. Penyajian data (data display). Peneliti mengembangkan sebuah deskripsi informasi tersusun untuk menarik kesimpulan dan pengambilan tindakan. Display data atau penyajian data yang lazim digunakan pada langkah ini adalah dalam bentuk teks naratif.
3. Penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification). Peneliti berusaha menarik kesimpulan dan melakukan verifikasi dengan mencari makna setiap gejala yang diperolehnya dari lapangan, mencatat keteraturan dan konfigurasi yang mungkin ada, alur kausalitas dari fenomena, dan proposisi.

Dalam sebuah penelitian, analisis data dilakukan atas statemen (statement) atau pernyataan yang dikemukakan oleh para informan. Hal ini dilakukan dengan cara, peneliti membaca seluruh transkrip wawancara yang ada dan mendeskripsikan seluruh pengalaman yang ditemukan di lapangan. Berdasarkan upaya pada tahap yang dikemukakan tersebut akan diketahui makna baik makna konotatif-denotatif atau makna implisit dan eksplisit dari pernyataan atas topik atau objek.

Selanjutnya uraian makna itu sendiri akan memperlihatkan tema-tema makna (meaning themes) yang menunjukkan kecenderungan arah jawaban atau pengertian yang dimaksudkan oleh para  informan. Serta aspek penting lain yang dianalisis dalam fenomenologis adalah penjelasan holistik dan umum tentang sebuah pembicaraan dengan subjek penelitian. Dari penjelasan umum tersebut harus ditarik keterkaitan antar makna yang dikembangkan pada setiap topik yang dibicarakan selama proses wawancara berlangsung (general description of the experience).

Keabsahan data penelitian dapat dilihat dari kemampuan menilai data dari aspek validitas dan reliabilitas data penelitian. Untuk menguji validitas penelitian dapat dilakukan dengan metode triangulasi di mana peneliti menemukan kesepahaman dengan subjek penelitian. Sedangkan reliabilitas dapat dilakukan dengan melakukan atau menerapkan prosedur fieldnote atau catatan lapangan dengan prosedur yang akan ditetapkan (Kirk dan Miller, 1986: 41-42).

Agar mendapatkan gambaran yang memuaskan dari sebuah hasil wawancara, karena penelitian ini menerapkan wawancara sebagai alat pengumpulan data yang pokok, menurut Tesch (Creswell, 2002: 144-145), dapat ditempuh tahap-tahap sebagai berikut jika peneliti telah menyiapkan teks atau transkrip wawancara secara lengkap.
1. Pahami catatan secara keseluruhan. Peneliti akan membaca semua catatan dengan seksama dan mungkin juga akan menuliskan sejumlah ide yang muncul.
2. Selanjutnya, peneliti akan memilih satu dokumen wawancara yang paling menarik, yang singkat yang ada pada tumpukan paling atas.
3. Menyusun daftar seluruh topik untuk beberapa informan.
4. Tahap berikutnya, peneliti akan menyingkat topik-topik tersbeut ke dalam kode-kode dan menuliskan kode-kode tersebut pada bagian naskah yang sesuai.
5. Selanjutnya peneliti akan mencari kata yang paling deskriptif untuk topik dan mengubah topik-topik tersebut ke dalam kategori-kategori.
6. Membuat keputusan akhir tentang singkatan setiap kategori dan mengurutkan kategori-kategori tersbeut menurut abjad.
7. Mengumpulkan setiap materi yang ada dalam satu tempat dan memulai melakukan analisis awal.
8. Seandainya diperlukan, akan disusun kode-kode terhadap data yang sudah ada.

Demikian, kira-kira hal-hal pokok yang dapat dimanfaatkan sebagai pedoman dalam pengolahan data untuk sebuah proses penelitian kualitatif.

About these ads

Actions

Information

45 responses

21 05 2009
estu arida

Pa atwar saya mau minta daftar pustaka dari tulisan di atas mengenai “mengolah data dalam penelitian kualitatif”.
skripsi saya menggunakan pendekatan penelitian kualitatif.
trims

16 06 2009
lutfi Burhaniilutfi_burhani87@yahoo.com

aslaamualaikum..bapakk atwar damang???

bapa,,saya teh meni susah mengenai studi kasus..bapa ada tulisan bapak tidak mengenai studi kasus…
nuhun pa..

lutfi KIC050190

18 06 2009
atwarbajari

Ada…tapi dalam bentuk hand-out kuliah…..kalo mau…ambil di Program Diploma PAKT…

25 06 2009
Puspita Asri

“Ada…tapi dalam bentuk hand-out kuliah…..kalo mau…ambil di Program Diploma PAKT…”

pa.saya asri mahasiswa Pasca MIK angkatan 10. saya mau bahan Studi kasus boleh pa???… kalau boleh, nanti saya ambil ke PAKT.. hatur nuhun pa

26 06 2009
atwarbajari

Minta alamat e-mailnya saja…nanti saya kirim bay e-mail. okay…….

26 06 2009
atwarbajari

@; Puspita and Lutfi: saya lagi coba kompresi biar jadi kecil volumenya sehingga bisa dikirim bay e-mail..okay

9 07 2009
Puspita Asri

di puspita_asri_p@yahoo.com pa… hatur nuhun pisan..

kira-kira kalau perencanaan komunikasinya sudah bagian Bu Mien..bapak bisa ditemui di mana? Jatinangor atau ngajar juga di Dagor??

9 07 2009
Puspita Asri

ups..Dago Pojok maksudnya pa

24 07 2009
Elisa

assaLamu’aLaikum Pa atwar…
sy eLisa.. mankom 05, kLo boLeh.. sy mau handout ‘studi kasus’ Bapa,
emaiL sy : elisa.nurshanti@yahoo.co.id
hatur nuhun Pa..

saLam baktos,
eLisa

19 11 2009
rosi

pak, saya boleh minta daftar pustakanya ?
sangat membantu utk bahan referensi skripsi saya nih …
kalo bisa dikirim via email di rho_sh3@yahoo.com
terima kasih

12 12 2009
Ellyse

Assalamualaikum wr….wb
Salam kenal pak, saya Ellyse mahasiswa Pasca MM Universitas Mataram, saya bisa minta tolong pak, karena buku-buku tidak terlalu lengkap khususnya tentang penelitian studi kasus dan tentang FGD, sementara saya sedang membuat proposal penelitian yang menggunakan metodologi jenis ini. Jika bapak tidak keberatan saya minta tolong dikirimkan segala informasi tentang hal di atas. Atas segala bantuannya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya

13 12 2009
atwarbajari

Terimakasih Elly komennya…..soal smber rujukan bisa pakai Robert K Yin untuk Studi Kasus dan John W Creswell yang berjudul Qualitative Research, Five Tradition dan Denzin dengan judul Handbook Qualitative Research. Terimakasih

4 01 2010
muhammad fikri

. ,,selamat sore, saya fikri mahasiswa semester akhir, manajemen Univ Muh pUrworejo.
saya mau tanya, saya harap bapak bisa bantu saya.
pertnyaannya gini, dalam skripsi saya menggunakan regresi linier.
di tabel coefisien terdapat kolom Unstandardized coefisien dan standardized coefisien. nah kenapa yang dimasukkan ke pmbahasan itu yang Unstandardized??
knpa kog bukan yg standardizes.
mohon berikan jwban pertnyaan itu, disini atau di imel.
terimakasih….

4 01 2010
muhammad fikri

imel saya fikrimu@gmail.com

15 01 2010
NALAR INDUKTIF DAN NALAR DEDUCTION « Gloria Suter

[...] Mengolah Data dalam Penelitian Kualitatif [...]

17 01 2010
cepi

Nuhun ah pencerahanana

18 01 2010
iwan

mlm, sy user baru.. mo tanya ni.. rumusan masalahnya’ bagai mana masalh phonetic
‘ dan ‘bgmn karakteritis phonatik’ nah saya lum punya referensi tentan interpretasi untuk menyatakan bahwa phonetik pada sampel dalam kategori apa, dan menentukan karakteristiknya… thank jwbnya kirim ke mail aja y

18 01 2010
iwan

oya mail saya iwanwahyudi07@yahoo.com

24 01 2010
Kang Nandang

Nuhun pisan atas paparannya mangfaat pisan; tapi ada pertanyaan kawan saya yang masih belum puas dengan jawaban saya; pertanyaanna: jika 8 dari 10 orang menyatakan setuju, 2 orang tidak; kesimpulannya apa

24 01 2010
nandang

War, mau tanya masalah kesimpual: kalau ada 10 orang, 7 menyatakan setuju, 3 menyatakan tidak; tah mun mitu kesimpulanna teh kumaha. Nuhun

24 01 2010
atwarbajari

Kang Iwan….saya kurang paham dengan penelitiannya…mungkin bukan bidang saya.
Kang Nandang…sami-sami…mudah2an bermanfaat. Hal yng ditanyakan…dalam penelitian kualitatif yang saya tau, berusaha menemukan dan memerikan bahkan kalau bisa mengkatagorikan tetapi tidak berusaha menggeneralisir..misalnya jika 7 tidak setuju dan 3 setuju..maka boleh kita katakan sebagian besar mereka tidak setuju dan sebagian kecil setuju…cukup sampai disitu dan kemudian berusaha memerikan kelompok yang stuju dn tidak setuju itu secara khas (tipikasi). Misalnya karakteristiknya. Namun berusaha menjauhi sikap menggeneralisir bahwa hakekatnya mereka setuju….

27 01 2010
Kang Nandang

Hatur nuhun War…

6 02 2010
mia

Ass Pak, saya mahasiswa MIK angkatan 9, tesis saya tentang perilaku komunikasi anak TK (kualitatif). Sekarang saya masih observasi di lapangang mengenai perilaku anak2 masih 3 minggu lagi (kemarin sudah 4 mingguan sya observasi). Saya sudah dapat data, tapi bingung mau mulai mengolah dari mana. Bisa minta masukan dari bapak? Makasih

6 02 2010
atwarbajari

Mia…cepet atuh biar selesai sekolahnya. Mengolah data kualitatif…mulai dengan pengelompokkan tema sesuai tujuan penelitian…kemudian buat matrik untuk tiap key informan yang disilangkan dengan pendapat mereka untuk setiap tema pada tujuan penelitian atau research question. Setelah ketemu dengan jawaban kunci untuk setiap key informan…mulailah mengelompokkan setiap pendapat mereka…maka akan ketemu dengan tifikasi pengalaman responden…selanjutnya kembangkan laporan sesuai kelompok2 jawaban itu…tentu dengan dukungan petikan wawancara yang relevan…
Mungkin itu singkatnya ya….

5 03 2010
Akmalul Hadi

Kang saya sedang penyelesaian tesis mengambil metodologi kualitatif tapi masih bingung mengolah datanya yatu kategori trianggulasinya kita ambil yg semstinya bukan trms akmal

email saya alul_72@yahoo.com

5 03 2010
sabine

Asslmkm.Pak Atwar….terimakasih untuk tulisan yg satu ini..membantu saya sekali dalam proses pengerjaan skripsi saya yg kualitatif…kebetulan saya membahas perilaku pencarian informasi dalam menggunakan jurnal elektronik…

makasih ya pak buat inspirasi nya..hehehehe…

6 03 2010
atwarbajari

Wass. Bine….kok beres2. Kapan selesainya….cepetan ya. Mau diskusi di kantor dengan saya juga okaylah….dibantu…asal waktunya cucok heheheh

6 03 2010
atwarbajari

Kang Akmal….mengolah data kualitaif memang rada rumit…apalgi kalo kita baru memakai metode kualitatif…..tapi coba baca Buku Mostakas (Maaf kalo salah nulis)…di sana diuraikan cukup rinci untuk melakukan pengolahan data…termasuk triangulasi data. Tapi singkatnya kalo triangulasi untuk mendapatkan validitas dan reliabilitas, diukur dari konfirmasi data yang kita kutif pd key informant…jika jawaban telah mencapai kesepakatan…itu telah terpenuhi

7 03 2010
sabine

sekarang lg ngerjain Bab4 pak…(pengen ngejar lulus yg bln mei ceritanya..he2)
ternyata tidak seperti yg saya bayangkan..mesti sabar bgt pak mengerjakan Bab4..hehehe…oke sip pak..nanti pasti saya maen ke ruangan bapak buat diskusi sekalian minta wejangan…hehehehe…makasih ya pak buat supportnya.. :-)

3 05 2010
Asep

Slm knl pak. Lgsg sj pak, metode pnltian sy case study, parahnya bru ntuin case study kmrn2, utk pngolahan datanya apkh berbeda dg mtode kualitatif yg lainnya? Trz sy tdk mencantumkan validitas&reliabilitas, sy pkir tu cm utk kuantitatif, tp pas bc di artikel kq pke jg y? Skalian pak minta hand out case study nya. email: zp_hirashutaki@yahoo.co.id

25 05 2010
dudi yudhakusuma

Assalamualaikum pa Atwar….hatur nuhun pa ulasan bpk tentang penelitian kualitatif banyak menambah wawasan saya , mungkin nanti sy akn berdiskusi lebih lanjut dgn bpk…terimakasih pa sdh menjadi penelaah pada sidang UP dan tesis saya…

31 05 2011
riska

pak saya bingung ne pak mau ngolah data kualitatif punya saya karena tekhnik pengumpulan data cuma wawancara mendalam pak lah..kalo validitasnya gmn pak???sy kan pkenya triangulasi pak …tlong dong pak …jelasin tentang triangulasi …

1 06 2011
atwarbajari

Salam. Wawancara mendalam memang salah satu teknik yang banyak dipakai. Untuk mengolahnya boleh pake model Miles and Huberman, atau matrik kata kunci untuk menyusun konseptualisasi. Caranya, dari masing-masing topik pertanyaan dan orangnya (interviewee) dibuatkan matrik silang. Ambil masing-masing kata kuncinya dari setiap jawaban, maka anda akan menemukan variasi jawaban dan menysun abstraksi data lapangan.
Untuk validasi dan triangulasi, cara paling mudah adalah dengan menanyakan kembali pada setiap key informant, apakah jawaban yang sduah anda pecah dan pilih itu sudah setuju atau belum. Oks…semoga bermanfaat

2 06 2011
melinda

Assalamualaikum,pa atwar..mw nanya nih pa..informan penltian kualitatif i2 mmg hrs trbagi antara infrmn kunci n biasa ya pa.judul sy kepatuhan ibu hamil melakukan pmrksaan kehamilan..mohon arahanx pa…tq

12 06 2011
atwarbajari

Boleh saja, ada informan kunci dan informan di luar itu. tetapi harus jelas informasi yang dibutuhkan dan perbedaan fungsional dalam pengumpulan data dari kedua pengelompokkan informan tambahan tersebut dengan informan kunci.
Thanks

17 01 2012
buengsue

ass,,pak sya mau nanya…saya bingung dengan mtode penelitiannya tentang teknik analisis data,saya dsruh pemmbimbing sya buat dlm bntuk tabel shingga jd kyak matriks… jd say krng pham pak,,tolong bntu y pak,,
jdl skripsinya tentang analis dan kondisi dan kebijakan pmbngunan daerah tertinggal,saya ambil datanya di BPS dan BAPPEDA jd dikategorikan/ dklompokan kemana analisis datanya pak. gmn cr buatnya dlm bentuk tabel tu pak..
makasih ya pak.

9 05 2012
anggara irawan

pak atwar, saya aga sedkit kesulitan dengan teknik analisis data menurut creswell, di teknik ke 3 yaitu mengenai penegasan dan penonjolan, karena saya sedikit sulit mencari buku creswell yang qualitative inquiry and research design choosing among five tradition. mungkin bapak punya referensi dimana saya bisa medapatkannya pa?
terimakasih pak….

17 10 2012
yemima

Bapak, bolehkah saya minta daftar pustaka nya pa? terimakasih. email saya yemima_amitay@yahoo.com

19 07 2013
nna

bapak..boleh minta daftar pustakanya buat refrensi pak? [ nnapop@ymail.com ] makasih pak….
mau nanya juga dalam proses penelitian kualitatif kutipan agus salim yg adaa reduksi, penyajian n penarikan data itu bisa kita pilih salah satunya aatau hrus memakai ketiganya?? n itu masuk model interaktif gtu??.. :)

10 01 2013
fahru

assalamualaikum…
bapak,jika berkenan saya mau minta daftar pustakanya pak
terima kasih :)
email saya: fahru301290@gmail.com

22 01 2013
Hendy

Bapak, saya sedang mencari alat ukur untuk penelitian kualitatif yang mempunyai tema “evaluasi program promosi”. Bisakah Bapak membantu saya untuk memberikan contoh? terima kasih

22 05 2013
april

pak atwar.
bisa tlong kirimkn daftar pustaka tntang cara pengolahan data kualitatif
ini email saya fitri_apriliya@yahoo.com
trms..

8 08 2013
melky

thaks,, sukses trus,,,

18 10 2013
nindy

Pa atwar saya mau minta daftar pustaka mengenai penulisan yg di atas “mengolah data dalam penelitian kualitatif”.
skripsi saya menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan sekarang sdg mencari referensi. Makasih banyak pak

11 02 2014
saleh

pak, mohon saya juga dikirm daftar pustaka-mengolah data dlm penelitian kualitatif ke email binasaleh@yahoo.co.id. makasih bnyk y pak. smg jd amal saleh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: